Beranda Cand

Selasa, 13 Maret 2012

Promosi Candi Muara Jambi dari Bogor



Selama ini orang Indonesia hanya mengenal tempat-tempat wisata tertentu saja. Misalnya, objek wisata Dufan, Ancol, Monas, TMII  di Jakarta, Danau Toba di Medan, Pantai Kuta di Bali, Candi Borobudur di Yogyakarta, Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat, Jam Gadang di Padang, atau tempat-tempat terkenal lainnya di Indonesia. Memang, tempat-tempat tersebut menyajikan panorama yang sangat memukau di mata dan sebagai pilihan keluarga saat liburan.
Ternyata, Indonesia juga memiliki objek wisata yang tak kalah menarik yaitu Komplek Candi Muaro Jambi yang terletak di Provinsi Jambi. Komplek Candi Muaro Jambi ini merupakan komplek percandian terbesar di Asia. Sejarah mengatakan bahwa dahulunya Candi Muaro Jambi merupakan pusat Kerajaan Sriwijaya.
Komplek Candi Muaro Jambi kini menjadi objek wisata pilihan masyarakat Indonesia dan juga turis dari luar mancanegara. Jika anda dan keluarga anda memilih objek wisata Candi Muaro Jambi anda akan disuguhi dengan panorama yang memukau dari kawasan tersebut. Anda bisa mengajak keluarga serta sanak saudara untuk menikmati keindahan alamnya. Anda bisa berkeliling komplek candi dengan menyewa sepeda dengan harga Rp 20.000/jam, namun anda akan puas berkeliling komplek candi karena sekitar candi dipenuhi dengan kebun Duku dan Durian. Jika anda sedang beruntung dating pada saat musim Duku dan Durian, maka anda bisa memetiknya dengan setengah harga. Anda sudah bisa menikmati Duku dan Durian bersama keluarga anda.
Jika merasa letih, anda bisa beristirahat diberbagai tempat. Misalnya, di sekitar Danau Tanggo Rajo yang merupakan danau bekas tempat putri raja mandi. Airnya yang tenang akan menyejukkan pandangan mata anda selama istirahat. Anda tidak perlu khawatir jika istirahat hanya beralaskan rumput saja. Namun, anda bisa menyewa tikar yang telah disediakan atau lebih baik membawanya sendiri dari rumah. Maka, anda akan menikmati istirahat nyaman di pinggir Danau Tanggo Rajo tersebut.
Lokasi lain untuk beristirahat adalah tempat wisata kulinernya, yang masih berada di komplek candi. Jika anda tidak membawa bekal dari rumah, anda bisa menikmati makanan yang tersedia dengan harga terjakau. Bagi anda yang gemar souvenir, masyarakat sekitar candi juga menyediakan took souvenir dengan berbagai macam hiasan karya masyarakat setempat.
Namun, jika anda ingin sedikit berjalan-jalan keluar komplek, maka anda akan disuguhi dengan aliran sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatra. Kemudian anda bisa menyewa Ketek untuk mengelilingi komplek dengan harga Rp 80.000/orang. Tidak hanya air Batanghari, anda akan disuguhi panorama spektakuler dari hutan-hutan yang masih hijau dan yang utama adalah anda akan melewati jembatan Batanghari 2. Panorama ini akan memberikan kepuasan tersendiri bagi anda dan keluarga anda.
Bagi anda yang hobi dengan fotografi, maka komplek candi Muaro Jambi merupakan objek foto yang elegan. Bisa dijadikan objek foto Pra Wedding, foto keluarga, foto wisata dan foto edukasi. Karena di dalam komplek candi Muaro Jambi ada sebuah bangunan yang di jadikan museum dan menyimpan benda-benda purbakala yang nyaris hancur. Sehingga tempat ini juga bisa di jadikan wisata edukasi dengan mempelajari sejarah yang ada. Karena ada pepatah yang mengatakan bahwa “sebaik-baiknya seseorang adalah orang yang belajar dari sejarah”.
Bagi anda yang berasal ari luar daerah Jambi, maka anda akan berhadapan dengan masyarakat sekitar komplek candi. Mereka menggunakan Bahasa Melayu Jambi. Namun jangan khawatir, Bahasa Melayu Jambi mudah dipelajari sehingga anda akan merasa nyaman berada dekat dengan masyarakat sekitar candi Muaro Jambi.
Selamat berlibur dan pastikan bahwa anda memilih wisata Candi Muaro Jambi, komplek candi terbesar di Asia.

 BY; Siti Kurniasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar